-->

Penetapan Awal puasa Bulan Ramadhan 2017

Puasa Ramadhan 2017

Marhaban Ya Ramadhan - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci penuh ampunan. Kedatangannya sangat dinatikan oleh semua Umat Muslim di dunia.

Puasa Ramadhan adalah satu bulan yang paling agung diantara bulan-bulan lainnya. Saking istimewanya Ramadhan, Nabi Muhammad SAW menggambarkan, seandainya umatku tahu Keutamaan Ramadhan maka mereka akan meminta sepanjang tahun itu Ramadhan semua.

Pada moment itu tampaklah jelas bahwa Ramadhan sangatlah agung dan istimewa, pahala akan dilipat-gandakan dan suka cita menyambut ramadhan akan masuk surga.

Puasa Ramadhan 2017 Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Menurut informasi yang kami dapat dari berbagai sumber, Kemungkinan kedatangan Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri pada tahun 2017 ini diprediksi akan berlangsung bareng, seperti pada tahun sebelumnya 2016. Baik oleh kalangan yang berpegang pada hisab maupun (imkanur) rukyah.  Awal puasa Ramadhan pada tahun ini akan jatuh pada tanggal 27 Mei 2017, sementara Idul Fitri akan jatuh pada 25 Juni 2017.

“Dengan demikian, warga Muhammadiyah, dan umat Islam se-Indonesia akan memulai shalat tarawih sejak Jum’at malam pada tanggal (26 Mei),” jelas Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Nadjib Hamid MSi, (14/3), seraya menambahkan bahwa puasa pada tahun ini hanya 29 hari.


Puasa 2017 Penetapan awal puasa ramadhan 2017
Puasa Bulan Ramadhan 2017
Semoga puasa di tahun 2017 ini kita dan seluruh muslim yang ada dimuka bumi diberikan kelancaran tanpa suatu halangan apapun.

Bicara tentang Puasa, apakah ada pembaca yang belum tahu bacaan Niat Puasa atau do a puasa ramadhan? Kalo belum tahu! silahkan simak dibawah ini:


Doa Niat Puasa Ramadhan Dan Artinya

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ ايمانا واحتسابا لِلـّهِ تـَعَالىَ

Latin: “Nawaitu saumagadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati iimanan wahtisaban lillahita'ala”

Artinya: Artinya : "Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta'ala".


Catatan:
"Dalam praktik" Niat adalah di dalam hati, adapaun melafadzkan niat itu hukumnya sunnat. Jadi jika dalam hati "tidak ada maksud sama sekali bahwa besok akan melaksanakan puasa" maka niatnya tidak sah. Sebab niat menurut bahasa adalah mempunyai makna "Bermaksud" artinya jika kita hendak melakukan sesuatu dalam hati menyimpan maksud untuk melaksanakannya itu adalah niat

Pada Niat puasa Ramadhan para ulama ahli fiqh 4 madzhab itu berbeda pendapat, misalnya pendapat imam Syafi'i yaitu itu tidak boleh niat puasa bulan ramadhan sebulan harus niat setiap harinya. Tapi menurut imam Malik boleh niat puasa sebulan sekaligus. Hal ini bukanlah suatu yang harus diperdebatkan karena itu adalah khilafiyah.


Doa Berbuka Puasa Ramadhan Dan Artinya

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Latin: "Allahummalakasumtu wabika aamantu wa'alarizqika afthortu birohmatika ya ar-hamarrohimin"

Artinya: "Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang".

Demikian keterangan mengenai Puasa Bualan Ramadhan 2017 serta Do a Niat Puasa dan Do'a Berbuka Puasa yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Penetapan Awal puasa Bulan Ramadhan 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel