Hukum Tajwid Bacaan Mad Iwad dan Contohnya


Bismillahirrohmanirrohim - Pada kesempatan  ini kita akan membahas sedikit tentang cabang dari mad far'i, yaitu mad iwad. Secara bahasa mad artinya panjang sedangkan iwad dapat diartikan mengganti. Jadi dapat disimpulkan bahwasannya hukum bacaan mad iwad adalah apabila ada fatkahtain (tanwin) di akhir kalimat (wakof) maka fatkahtain dibaca menjadi mad thabi'i. Sehingga panjang bacaan mad iwad adalah 2 harokat (2 ketukan).

Hukum mad iwad tidak hanya berlaku pada akhir ayat, atau pada wakof yang telah ditentukan dalam alqur'an. Tetapi juga berlaku ketika kita berhenti membaca ditengah-tengah ayat dikarenan nafas tidak sampai. Artinya, jika berhenti ditempat kata yang beakiran tanwin, maka di ganti menjadi mad thobi'i.

Contoh Mad Iwad.


Hukum Bacaan Mad Iwad

Contoh Mad Iwad Dalam Ayat Al Qur'an:
Hukum Bacaan Mad Iwad
PENGECUALIAN...!!! "Hukum mad iwad yang telah di jelaskan diatas, akan tidak berlaku pada ta marbutah". Karena apabila ta marbutah yang berharokat tanwin berada di akhir kalimat (wakof) maka di baca sukun.
Hukum Bacaan Mad Iwad

Demikian sedikit pembahasan mengenai Hukum Bacaan Mad Iwad yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat untuk kita semua. Silahkan berikan kritik dan saran anda agar kami bisa mengetahui kekurangan dan akan segera memperbaikinya. Wasalam