-->

10 Kunci Pembuka Pintu Rizki Sesuai Qur'an dan Sunnah

Amalan dan doa pembuka pintu rezeki - Salah satu wujud/ bentuk kasih sayang dari Allah kepada mahluk ciptaan-Nya adalah, memberikan rizki untuk setiap makhluknya, baik dari kalangan jin, manusia dan seluruh makhluk yang telah diciptakannya di langit dan bumi, serta seluruh pengisinya. Tahukah anda, mengapa kita selalu merasa kesulitan mendapatkan rizki walaupun sudah berusaha siang dan malam? Sesungguhnya Allah telah memberikan rizki kepada umatnya melalui malaikat para malaikatnnya?. Mungkin disebagian kita umat muslim ada yang belum tahu bahwa sesungguhnya Allah telah memberikan kunci-kunci untuk membuka pintu-pintu rizki tersebut.

Kunci Pembuka Pintu Rizki,kunci pintu rizki dari berbagai enjuru, kunci rizki untuk berdagang, membuka pintu rizki untuk usaha

Berikut ini adalah 10 kunci-kunci rizki yang dikabarkan secara langsung oleh Allah Subhanahu wata’ala dan Rasul-Nya, baik di dalam Al-Qur’an maupun Hadits Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam.

1. ISTIGHFAR dan BERTAUBAT


Memperbanyak istighfar atau memohon ampun dan bertaubat kepada Allah Subhanahu wata’ala, adalah salah satu kunci pembuka pintu rizki. Sebagaimana Nabi Nuh ‘Alaihissalam berkata kepada kaumnya :

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا  يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَارًا  وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَارًا

"Maka aku katakan kepada mereka, mohon ampunlah kepada Rabb-mu, sesungguhnya Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) sungai-sungai". (QS Nuh : 10-12)

2. TAQWA

Taqwa sebagai kunci rizki disampaikan langsung oleh Allah subhanahu wata’ala lewat Firman-Nya :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا>> وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ
 
"Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya". (QS. Ath-Thalaq : 2-3)

3. TAWAKKAL atau BERSERAH DIRI (kepada Allah)

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

لَوْ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَوَكَّلُوْنَ عَلَى اللهِ حَقَّ تَوَكَّلِهِ لَرُزِقْتُمْ كَمَا تُرْزَقُ الطَّيْرُ تَغْدُوْ خِمَاصًا وَتَرُوْحُ بِطَانًا

"Sungguh, seandainya kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakkal, niscaya kalian akan diberi rizki sebagaimana rizki burung-burung. Mereka berangkat pagi dengan perut lapar, dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang". (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnul Mubarak, Ibnu Hibban, Al Hakim, Al Qudha’i dan Al Baghawi dari ‘Umar bin Khaththab).


4. Beribadah SEPENUHNYA hanya kepada ALLAH semata

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah hadits shahih bersabda:

إِنَّ اللهَ تَعَلىَ يَقُولُ : يَاابْنَ آدَمَ تَفَرَّغْ لِعِبَدَتِى أَمَْـَلأُصَدْرَكَ غِنىً, وَأَسُدُّ فَقْرَكَ. وَإِنْ لاَ تَفْعَلْ مَلَأْتُ يَدَكَ شُغْلاً, وَلَمْ أَسُدَّ فَقْرَكَ

"Sesungguhnya Allah berfirman : "Wahai anak Adam, beribadahlah sepenuhnya kepada-Ku, niscaya Aku penuhi dadamu dengan kekayaan dan Aku penuhi kebutuhanmu. (Dan) jika kalian tidak melakukannya, niscaya Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan dan tidak Aku penuhi kebutuhanmu". (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dari Abu Hurairah).

5. Menunaikan HAJI dan UMRAH (bagi yang mampu)

Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam bersabda :

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وِالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِي الْكِيْرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ

"Kerjakanlah haji dengan umrah atau sebaliknya. Karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kemiskinan dan dosa sebagaimana api dapat menghilangkan kotoran (karat) besi." (HR. Nasa’i. Hadits ini shahih menurut Imam Al Albani. Lihat Shahih Sunan Nasa’i.)

6. Memperbanyak SILATURRAHIM (menyambung tali kekerabatan, terutama yang masih ada hubungan nasab)
Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam bersabda :

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُسْطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ, وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
"Barangsiapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung tali silaturrahim" (HR. Bukhari)

7. BERINFAK di Jalan ALLAH

Allah Subhanahu wata’ala berfirman :

 وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

"Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya. Dialah sebaik-baiknya Pemberi rizki". (QS. Saba : 39)

8. Memberi NAFKAH kepada orang yang MENUNTUT ILMU

Anas bin Malik rodhiallahu ‘anhu berkata :
"Dulu ada dua orang bersaudara pada masa Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam. Salah seorang mendatangi (menuntut ilmu) pada Rasulullah, sedangkan yang lainnya bekerja. Lalu saudaranya yang bekerja itu mengadu kepada Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam (lantaran ia memberi nafkah kepada saudaranya itu), maka Beliau bersabda : "Mudah-Mudahan engkau diberi rizki dengan sebab dia". (HR.Tirmidzi dan Al Hakim, Lihat Shahih Sunan Tirmidzi)

9. Berbuat BAIK kepada ORANG-ORANG LEMAH

Mush’ab bin Sa’d t berkata, bahwasanya Sa’d merasa dirinya memiliki kelebihan daripada orang lain. Maka Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam  bersabda :

هَلْ تُنْصَرُونَ وَتُرْزَقُونَ إِلاَّ بِضُعَفَا ئِكُمْ
   
    "Bukankah kalian ditolong dan diberi rizki lantaran orang-orang lemah diantara kalian?". (HR. Bukhari)

10. HIJRAH di JALAN ALLAH

Allah Subhanahu wata’ala berfirman :

 وَمَن يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللّهِ يَجِدْ فِي الأَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً
"Barangsiapa berhijrah dijalan Allah, niscaya mereka akan mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak". (QS. An Nisa:100).

Demikianlah 10 kunci-kunci pembuka pintu-pintu rizki yang dikabarkan langsung oleh Allah subhanahu wata’ala dan Rasul-Nya shallallaahu ’alaihi wasallam.

Semoga dengan mengimani dan mengamalkan amalan diatas, Allah subhanahu wata’ala akan membukakan pintu-pintu rizki dan kekayaan dari segala penjuru, baik yang usaha atau yang berdagang. Semoga Allah memberikan karunia-Nya yang seluas-luasnya untuk kita semua. Aamiin Allohumma Aamiin!

0 Response to "10 Kunci Pembuka Pintu Rizki Sesuai Qur'an dan Sunnah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel