-->

Cara Membuat Boneka Beruang dari Kain Flanel Berserta Gambarnya

Cara Membuat Boneka Beruang dari Kain Flanel Beserta Gambarnya

Yuk Asah kemampuan tangan dan kreasi kita dengan cara membuat berbagai kerajinan tangan yang menarik dan unik  salahsatunya yaitu membuat boneka beruang yang lucu. Mau tau Cara Membuat Boneka Beruang dari Kain Flanel yang mudah dibuat? Simak yuk!

Alat dan Bahan-bahannya

Cara membuat boneka dari kain flanel dengan membuat pola terlebih dahulu
Memotong pola yang sudah dibuat – youtube.com
Sebelum memulai membuat boneka beruangnya, terlebih dahulu kamu membutuhkan alat dan bahan. Ada beberapa alat dan juga bahan yang harus kamu persiapkan.
  • Kain Flanel
  • Benang dan jarum
  • Dakron/kapuk
  • Manik-manik
  • Pita
  • Lem tembak
  • Spidol
  • Gunting

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel

Setelah semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah lengkap, kini saatnya untuk beraksi membuat boneka beruang yang lucu dari kain flanel.

1. Membuat Pola Boneka

Pola untuk membuat boneka dari kain flanel
Pola Boneka – google.com
Pola untuk membuat sebuah boneka sangatlah diperlukan, karena dengan pola, kita akan lebih mudah untuk melakukan langkah selanjutnya.
Jika anda kebingungan atau kesulitan untuk membuat pola boneka anda sendiri, coba cari saja di google dengan kata kunci “pola boneka flanel” atau dengan bahasa Inggris “doll pattern“. Nah, disana, anda akan menemukan ide untuk membuat pola boneka kamu sendiri.

2. Memotong Kain Flanel Sesuai Pola

Cara membuat boneka dari kain flanel dengan membuat pola terlebih dahulu
Memotong pola yang sudah dibuat – youtube.com
Setelah pola dibuat, langkah selanjutnya adalah memindahkan pola ke atas kain flanel. Kamu bisa memotong terlebih dahulu polanya, baru kemudian menggambarkan pola di atas kain flanel dengan mengikuti pola yang sudah dipotong.
Setelah pola digambar di atas kain flanel, barulah anda potong kain tersebut mengikuti gambar pola yang sudah dibuat. Usahakan pemotongannya serapi mungkin agar hasil bonekanya juga  menjadi rapi.

3. Membuat Bagian Tangan

Membuat boneka dari kain flanel dengan menjahit bagian tangan
Menjahit bagian tangan – youtube.com
Bagian pertama yang akan kita buat adalah tangan boneka. Ambil pola tangan yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian satukan dua pola yang sama bentuknya dan jahit bagian sisinya. Tapi, jangan lupa untuk menyisakan sedikit lubang sisinya untuk memasukkan dakron/kapuk.
Membuat boneka dengan mengisi bagian tangan yang terbuat dari kain flanel dengan dakron
Mengisi bagian tangan dengan dakron/kapuk – youtube.com
Setelah bagian sisinya dijahit dan disisakan sedikit lubang, masukkan dakron/kapuk dari sisi yang berlubang tersebut. Isi hingga penuh dan padatkan, kemudian jahit lubang tersebut hingga  tertutup rapi.

4. Membuat Badan Boneka

Tahapan membuat boneka dari kain flanel yaitu menjahit bagian badan boneka
Menjahit bagian badan – youtube.com
Jika tangan boneka sudah selesai terbentuk, kini saatnya untuk memasangnya dengan badan. Ambil dua buah pola untuk bagian badan, dan letakkan tangan di bagian tengah antara kedua pola tersebut. Setelah itu, jahit badan dengan tangan boneka, ingat, sisakan sedikit lubang untuk memasukkan dakron/kapuk.
Membuat boneka bagian badan dari kain flanel dengan mengisinya menggunakan dakron
Mengisi bagian badan dengan dakron/kapuk – youtube.com
Setelah itu, barulah masukkan dakron dan padatkan sampai badan boneka terbentuk. Lalu, jahit lubang untuk memasukkan dakron/kapuk tadi sampai tertutup rapi.

5. Membuat Bagian Kepala


Kemudian, berlanjut ke bagian kelapa, ambil pola yang dibuat untuk kepala boneka. Pertama, buat dulu telinganya, jahit dan isi dengan menggunakan dakron/kapuk, lalu jahit pada bagian kepala.
Menjahit bagian kepala saat membuat boneka dari kain flanel
Menjahit bagian kepala – youtube.com
Setelah telinga, tempel bagian mulut boneka dan buat pola jahitan menyerupai mulut menggunakan benang jahit. Kemudian, satukan kepala dengan badan, jahit antara kedua bagian tersebut hingga rapi. Sisakan lubang di sisi bagian atas kepala untuk memasukkan dakron/kapuk.
Mengisi bagian kepala dengan dakron ketika membuat boneka dari kain flanel
Mengisi bagian kepala dengan dakron/kapuk – youtube.com
Seperti tehapan sebelumnya, isi bagian kepala dengan dakron/kapuk, jangan lupa padatkan sampai bagian kepala menggelembung. Lalu jahit lubang untuk memasukkan dakron/kapuk tersebut hingga rapi dan tertutup rapat.

6. Menjahit Mata Boneka

Membuat boneka dari kain flanel dengan menjahit bagian mata
Menjahit bagian mata boneka – youtube.com
Ambil manik-manik yang sudah disiapkan sebelumnya, letakkan di bagian kepala tepat pada tempat mata boneka. Kemudian, jahit manik-manik tersebut dengan rapi, atau bisa juga kamu tempelkan dengan cara menggunakan lem tembak.

7. Menjahit Bagian Kaki

Menjahit bagian kaki boneka saat membuat boneka dari kain flanel
Menjahit bagian kaki dan menyatukannya – youtube.com
Siapkan pola bagian kaki, satukan beberapa pola dan tempelkan menggunakan dengan cara di jhit atau bisa juga dengan cara di lem menggunakan lem tembak.
Mengisi bagian kaki dengan dakron jika membuat boneka dari kain flanel
Mengisi bagian kaki dengan dakron/kapuk – youtube.com
Setelah dijahit bagian-bagiannya, isi bagian kaki boneka dengan dakron/kapuk sampai terisi penuh dan padat. Jahit sisi bagian kaki dengan rapi.

8. Menempelkan Kaki pada Badan

Menempelkan bagian kaki boneka ke badan saat membuat boneka dari kain flanel
Menempelkan bagian kaki boneka – youtube.com
Setelah kaki boneka jadi, tempelkan pada bagian badan boneka dengan cara menjahitnya atau bisa juga menggunakan lem tembak.

9. Menambahkan Hiasan Dasi Kupu-kupu



Jangan lupa untuk menempelkan aksessoris berupa dasi kupu-kupu agar boneka terlihat semakin lucu dan menarik. Demikian Cara Membuat Boneka Beruang dari Kain Flanel Berserta Gambarnya yang dapat kami sajikan untuk anda, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Boneka Beruang dari Kain Flanel Berserta Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel